Thu. Oct 14th, 2021

Panel surya merupakan salah satu solusi yang sangat bagus di masa saat ini karena sangat ramah lingkungan. Panel surya bisa memberikan energi listrik yang cukup besar untuk digunakan berbagai jenis alat elektronik. Namun, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara kerja panel surya itu? lihat juga: markasgamers

Cara Kerja Panel Surya

Panel surya adalah suatu alat yang sangat kompak di mana tidak bisa dipelajari hanya dalam waktu yang singkat saja. Namun, untuk cara kerjanya secara sederhana bisa kita jelaskan seperti di bawah ini:

  1. Terdiri dari Banyak Sel Surya

Mungkin banyak yang masih latah dalam mengatakan panel surya atau sel surya. Keduanya memang berbeda akan tetapi saling berkaitan satu sama lain. Sel surya adalah satu komponen yang akan menangkap cahaya matahari ini.

Sedangkan panel surya adalah kumpulan dari sel surya. Semakin banyak sel surya yang digunakan maka akan semakin tinggi juga daya listrik yang akan dihasilkan.

  1. Foton Jatuh ke Permukaan Sel Surya

Cara kerja yang utama dari panel surya ini adalah sinar matahari yang sebenarnya memiliki foton. Saat matahari menyinari bumi ada foton yang juga ikut turun dan akhirnya jatuh ke permukaan sel surya.

Panel terlihat seperti kaca yang bisa memantulkan kembali cahaya tetapi tidak. Oleh karena itu, foton akan terperangkap di sini.

  1. Elektron Terpisah dari Badan Atom

Saat jatuh dalam kecepatan yang sangat tinggi maka foton yang berupa atom ini akan melepaskan elektronnya. Kemudian untuk sisi protonnya akan kehilangan kekuatan dan menjadi sisi kosong atau disebut dengan hole.

Jadi, di sel surya ini elektron dan proton tidak bersatu lagi dan akan melakukan pergerakan yang sesuai dengan sistem pembuatan sel surya.

  1. Pergerakan Elektron Menyebabkan Arus Listrik

Elektron akan melakukan pergerakan menjauhi daerah negatif pada sel surya begitu juga dengan protonnya. Pergerakan inilah yang akan menyebabkan timbulnya arus listrik yang bisa digunakan untuk berbagai hal.

Arus listrik ini akan muncul pada bagian persimpangan daerah positif dan negatif. Apabila diberikan beban misalnya lampu maka akan menyala.

Itulah beberapa poin penting dalam cara kerja dari panel surya. Penjelasan di atas hanya gambaran sederhana saja, jika dijelaskan lagi maka membutuhkan waktu yang cukup lama. Dengan penjelasan di atas diharapkan Anda bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat mengenai panel surya.

By admin