Mon. Dec 6th, 2021

Demam berdarah adalah tidak benar satu ancaman nyata terhadap musim hujan layaknya sekarang ini. Selain bersama fogging, tidak benar satu langkah pencegahan lainnya adalah bersama manfaatkan semprotan serangga untuk membunuh nyamuk demam berdarah. Namun, apakah mengusir nyamuk demam berdarah bersama langkah ini adalah langkah yang aman?

demam berdarah

Musim hujan yang membawa dampak banyak genangan air dan juga keadaan lembap merupakan “lahan bermain” nyamuk Aedes aegypti untuk berkembang biak. Rumah adalah tidak benar satu daerah berkembang biak paling diminati oleh nyamuk ini. Adanya bak mandi dan ember-ember memuat air membawa dampak nyamuk sering bertelur di tempat-tempat tersebut.

Salah satu langkah untuk menjauhkan penyakit ini adalah bersama mematikan nyamuk tersebut. Ada banyak langkah untuk mengusir nyamuk, tidak benar satunya adalah bersama beri tambahan semprotan anti serangga atau anti nyamuk. Semprotan umumnya dikerjakan di kamar atau ruangan daerah kesibukan penghuninya.

Meski banyak ibu-ibu yang tak berpikir dua kali dalam menyemprotkan seisi tempat tinggal bersama semprotan serangga, namun sebagian lainnya cemas dikarenakan takaran bahan kimianya.

Ada yang takut bakal dampaknya terhadap pernapasan, terhadap anak kecil atau bayi di rumah, atau residunya yang bisa melekat di permukaan. Meski demikian, pemanfaatan obat semprot serangga untuk usir nyamuk aman-aman saja kalau caranya benar.

“Kalau semprotan serangga itu, kan, tersedia takaran zat kimianya. Kalau ditanya aman atau tidak, sesungguhnya aman saja asal saat ruangan disemprot, tidak tersedia orang di ruangan itu atau benda-benda yang nantinya berkenan dipakai. Tunggu bau berasal dari semprotan itu hilang, baru Anda atau anggota keluarga lainnya masuk ke ruangan yang disemprot,” ujar dr. Dyan Mega Inderawati.

“Untuk barang-barang yang dimaksud seumpama piring, botol susu, sendok, dan mangkuk. Semua barang itu perlu ditutup dulu atau disingkirkan saat ruangan disemprot. Jika baunya telah berkurang, seharusnya itu aman-aman saja,” lanjutnya.

Untuk mengusir nyamuk, tidak menyarankan untuk memakai obat nyamuk bakar. Ini dikarenakan asap yang dihasilkan cukup lama bisa berbahaya untuk pernapasan.

Obat nyamuk bakar sesungguhnya lebih berisiko dibanding yang jenis semprot. Ini dikarenakan obat nyamuk bakar, umumnya asapnya bakal dihirup selama obat nyamuk itu terbakar.

By admin